Cara hemat kuota internet android

Cara hemat kuota internet android

Cara hemat kuota internet android – OS android adalah operating system yang sangat boros dalam penggunaan kuota. terlebih lagi, jika banyak aplikasi dan game yang sudah terinstall. Semua aplikasi yang  berada  smartphone android,  saat pertama di install, pasti selalu meminta izin untuk mengakses internet secara otomatis jika device terhubung ke internet. Sehingga semua aplikasi tersebut akan langsung melakukan koneksi yang berakibat kuota internet anda akan langsung terserap habis. Seperti aplikasi social media facebook, Google+, Dll.. mulai dari mengakses notifikasi hingga update aplikasi..

Tidak hanya aplikasi yang di install, aplikasi bawaan OS android juga cukup menyerap kuota, seperti ssyncronisasi.

Jika anda menggunakan kuota terbatas,  pastinya anda tidak akan bisa berlama lama di menjelajah dunia maya.   Jika anda sudah memiliki internet unlimited speedy, wi-fi. Maka , trik yang saya bagikan ini tidaklah begitu penting. Berikut ini akan saya bagikan cara menghemat kuota internet jika anda sedang browsing.

1.       Jika anda  menggunakan opera mini

Silahkan anda download dulu aplikasi opera mini di Google Play Store.

Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu settings.  Buka pada menu image quality. Dan ubah pengaturan dari high ke low image. Atau , jika anda ingin lebih menghemat lagi, anda bisa mengatur browsing opera mini agar mematikan fitur gambar.. sehingga gambar tidak akan di tampilkan dan aktifitas browsing anda akan serasa lebih cepat.

2.       Jika anda menggunakan browser google chrome.

Silahkaan anda download  aplikasi Google Chrome di Google Play Store.

Silahkan anda buka browser tersebut. Dan lanjutkan dengan masuk ke menu setting.  Langkah selanjutnya, pilih menu reduce data usaga.  Dan silahkan aktifkan fitur ini dengan mengklik tombol yang terletak di pojok kanan atas. Dan sekarang , anda bisa lebih hemat kuota saat browsing internet.

Pengaturan ini akan menghemat kuota sampai 50% saat anda browsing.

 

3.       Menjelajah internet tanpa iklan dengan atlas browser.

Silahkan anda download dulu browser  Atlas Browser di play store Android.

Langkah selanjutnya, silahkan anda buka aplikasi tersebut, lalu klik start browsing. Selanjutnya, klik logo setting yang terletak di pojok kanan atas.

Silahkan anda aktifkan content filter.

Pengaturan browsing mode = atur ke browsing mobile.  Experience bisa anda ubah ke LO-FI/TEXT.

pada pengaturan pop-ups, anda bisa memilih block, dan untuk pengaturan location, saya sarankan anda memilih OFF.

 

Ketika fitur content filter anda aktifkan, maka secara otomatis, browser atlas akan langsung memblick iklan yang akan muncul.

4.       Anda dapat mengatur batasan penggunaan data di android.

Silahkan anda masuk ke menu setting . silahkan anda klik pada menu data usage.  Lanjutkan dengan mengklik icon options yang terletak di kanan atas.

Langkah selanjutnya, pilih ‘restrict background data’

Lalu pilih ‘Restrict background data’. Dan , untuk memilih beberapa aplikasi yang ingin anda batasi, silahkan anda geser kebawah. Dan akan terlihat beberapa aplikasi yang secara otomatis membutuhkan internet. Pilih aplikasi yang ingin penggunaan data internetnya di batasi. Dan lakukan centang pada pilihan ‘ restrict background data’.

Untuk filter beberapa aplikasi scroll ke bawah.

Maka akan terlihat aplikasi yang membutuhkan akses internet.

Pilih aplikasi yang ingin dibatasi akses datanya hanya dengan WiFi.

Sentuh aplikasi tersebut dan centang opsi ‘Restrict background data’.

 

 

Jika anda mengaktifkan fitur restrict background data, maka, semua aplikasi yang sudah anda tandai, hanya akan mengakses internet ketika anda membunkanya dan mengaktifkannya. Dan hal penting yang harus di ingat, jangan mengaktifkan fitur ini pada beberapa aplikasi penting seperti BBM, whatsapp, line, dan aplikasi penting lainya.. karena jika ada pesan bbm masuk, maka hanya akan tampil jika anda sudah membuka aplikasi Blackberry messenger.

 Editor : nurul hasan , twitter : @nurulhasan565

 




berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "Cara hemat kuota internet android"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus