cara menghidupkan dan mematikan fitur syncronisasi android

Android merupakan smartphone canggih dengan fitur fitur yang membuat penggunanya merasa nyaman.  Salah satu fitur smartphone android yang sangat membantu adalah syncronisasi.  Dengan fitur syncronisasi, maka data data penting anda akan tersimpan rapi di cloud system. Google memberikan layanan cloud di system. Salah satu fungsi synchronisasi adalah agar dapat membackup data secara langsung, dan kita dapat langsung mengunduhnya suatu saat jika di butuhkan.

Dengan fitur syncronisasi dapat membuat data contact, DLL tetap aman. Jika sewaktu waktu terjadi kehilangan ponsel.

Data data yang bisa di sincronisasikan di android sangat beragam, tergantung juga dari aplikasi yang kita gunakan. Ada data data yang wajib di sincronisasikan dan ada juga yang bersifat opsional. Karena proses syncronisasi juga membutuhkan ram, koneksi internet dan baterai, ada baiknya anda hanya mengaktifkan yang perlu perlu saja. Agar kuota internet, dan baterai anda tetap awet.

Cara menghidupkan atau mengaktifkan fitur sincronisasi, anda dapat masuk ke menu setting -> account -> dan pilih akun yang ingin di syncronisasikan (google, whatsapp, dropbox, email, facebook, twitter , dll ).

 Sinkronisasi Google:

App data:  data ini berasal dari Google Play Setting. Anda boleh menghidupkan dan mematikanya.

Calendar: berisi data data event seperti penjadwalan dan lain lain,  sebaiknya anda aktifkan.

Chrome/Chrome beta. Berfungsi menyimpan Bookmarks, Password, History, Autofill dan Open Tabs.

Contacts.  Berfungsi untuk menyimpan data contact. Penting dan wajib aktifkan

Drive:  boleh di matikan.

Gmail: menyinkronisasi email, jika anda sering menggunakanya, maka harus anda aktifkan.

Google Currents: anda boleh mematikanya.

Google Play Books: anda boleh menonaktifkanya.

Google Play Newsstand. Anda boleh mematikanya.

Keep. Jika menggunakan aplikasi ini, sebaiknya selalu diaktifkan.

Picasa Web Albums. Berfungsi mengSinkronisasi gambar di album Google+ yang ada di Gallery. Sebaiknya anda menonaktifkan fitur ini karena boros baterai dan menghabiskan banyak kuota internet.

Selain dari aplikasi aplikasi yang saya sebutkan di atas, ada juga aplikasi aplikasi yang dapat anda atur sendiri, seperti facebook dan twitter. Sedangkan aplikasi penting seperti whatsapp dan bbm, ada baiknya anda selalu aktifkan.

Cara menonaktifkan semua fitur synkronisasi.

Dengan mematikan semua fitur syncronisasi, maka dapat menghemat penggunaan baterai dan kuota internet.  Tapi , saya sangat tidak menganjurkan anda mematikanya. Karena suatu saat pasti anda membutuhkan fitur ini.

Cara mematikan atau menghidupkan fitur sincronisasai adalah dengan cara anda masuk ke menu pengaturan -> account -> hilangkan tanda centang pada bagian auto-sync data.

 Jika anda belum menemukan pengaturan tersebut, anda juga bisa melalui settings -> wireless network ->mobile data > tap pada bagian menu dan lakukan uncheck pada auto sync data.

Silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Cara lain yang cukup mudah adalah dengan menambahkan power widget di home screen, lalu lakukan tap pada logo syncronisasi. Mudah bukan…

Semoga artikel yang saya buat ini cukup bermanfaat dan bisa membantu anda..

 

Editor : nurul hasan, sumber: google.com

 




berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara menghidupkan dan mematikan fitur syncronisasi android"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus