cara beli online tiket kereta api

Aplikasi android untuk membeli online tiket kereta api.

Kereta api merupakan sarana transportasi darat paling cepat dan murah, dan bebas macet.. di negara Negara maju seperti jepang juga mengandalkan kereta sebagai sarana transportasinya. Jika anda naik bis dari semarang ke jakarta, biasanya membutuhkan waktu sekitar 12 – 24 jam. Namun, jika anda menggunakan kereta,  waktu tempuhnya hanya sekitar 2-3 jam saja.. super cepat bukan…  jika transportasi kereta api di Indonesia bisa di manfaatkan sebaik mungkin, kemacetan di negeri ini pasti juga bisa teratasi.. 

Seiring berjalanya waktu,  PT. kereta api Indonesia ( KAI ), juga telah resmi mengeluarkan website resminya, di website ini , anda dapat melakukan pembelian tiket secara online, tanpa harus repot repot datang ke loket.. situs resmi kereta api Indonesia adalah www.kereta-api.co.id ..

Sebenarnya tidak hanya tiket kereta api saja yang dapat di pesan secara online, tiket pesawat, booking hotel, dll, juga dapat di lakukan dengan online dimanapun dan kapanpun selama anda punya koneksi internet , laptop atau smartphone.. selain lebih mudah dan cepat, pengguna tidak perlu lagi direpotkan dengan  antri yang terkadang membosankan…

Di playstore google, banyak sekali aplikasi yang dapat anda download dan gunakan untuk melakukan pembelian tiket kereta api, namun, pada tulisan kali ini, saya akan membahas cara pembelian tiket kereta api melalui aplikasi android padi train.

Okey, hal pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli tiket kereta api secara online adalah download aplikasi android padi train dari playstore. ( link download ada di akhir artikel ini )

Setelah aplikasi padi train telah anda download dan anda install, silahkan buka aplikasi padi train dan lakukan pendaftaran pada form form tersebut.. untuk pendaftaran, ada baiknya anda menggunakan alamat email yang sering anda gunakan, hal ini sangat penting, karena bukti pembelian tiket kereta api akan di kirimkan ke alamat email tersebut.. jika anda sudah selesai melakukan pendaftaran, silahkan anda melakukan login..

 

Pada halaman awal aplikasi padi train, anda akan menemukan menu pesan tiket, jadwal kereta, peta stasiun, history pemesanan , dll… sebelum anda memulai memesan tiket, anda harus menentukan dulu tempat stasiun keberangkatan, stasiun kedatangan, jumlah penumpang yang anda bawa dan tanggal berangkat.. aplikasi paditrain juga sudah menyediakan pilihan PP, menu PP atau menu pulang pergi akan sangat memudahkan anda dalam memesan tiket, tanpa perlu memasukkan data data penumpang hingga dua kali.. cara memesan tiket dengan padi train, silahakan anda buka aplikasi login -> pesan tiket -> tentukan tujuan, waktu, jumlah penumpang, dan PP -> cari kereta.

 

 

 

Langkah selanjutnya, anda dapat memilih daftar harga dari  masing masing kereta, jumlah kursi yang tersedia, dll.. silahkan anda lihat pada gambar di bawah ini.

 

Langkah selanjutnya, anda di wajibkan mengisi data penumpang, data ini harus sesuai dengan ktp atau kartu identitas lainya.. hal ini sangatlah penting.. ketika anda akan masuk ruang tunggu stasiun, petugas tiket akan memeriksa tiket anda.. dan tiket tersebut harus sesuai dengan kartu identitas anda.. jika tidak sesuai , anda harus membeli tiket lagi..

 

 

Jika anda sudan selesai melakkukan pengisian identitas , silahkan lanjutkan dengan mengklik tombol “lanjut pesan tiket” . dan anda akan menemukan menu detail pemesanan. Di menu ini anda dapat memilih posisi kursi jika memang ada kursi yang tersisa untuk di pilih.. jika sudah , klik tombol “setuju”.

Setelah langkah langkah di atas berhasil  anda lakukan, anda akan menerima email tentang permintaan pemesanan tiket kereta api. Silahkan anda periksa di inbok, dan jika di dalam inbox anda tidak menemukannya, anda dapat mencarinya di dalam folder spam email anda. setelah anda mendapat email ini, berarti anda tinggal menuju langkah selanjutnya, yaitu pembayaran..  di dalam email tersebut juga ada batas waktu pembayaran yang harus anda lakukan, jika anda tidak membayar pada waktu yang di tentukan, maka pemesanan tiket kereta api akan dianggap hangus…

 

Nah.. selanjutnya kita akan masuk pada proses pembayaran. Aplikasi android padi train memberikan banyak sekali pilihan pembayaran yang bisa anda pilih, seperti pembayaran dengan transfer bank, kartu kredit, mandiri click pay, mandiri cash, dll.. silahkan anda pilih pilihan pembayaran yang menurut anda nyaman dan bisa anda lakukan..

Setelah anda melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan email yang berisi bukti pembelian tiket kereta api secara online, email ini berisi kode booking, informasi penumpang danjadwal keberangkatan kereta anda.. catatan penting, email ini jangan di hapus dulu ya.. email ini harus anda tunjukan di loket penukaran tiket yang ada di stasiun kereta api..

Sebagai catatan : kode booking yang telah dikirimkan melalui email, harus anda tukarkan maksimal 30 menit sebelum jadwal kereta akan berangkat.. jadi, anda harus ada di stasiun , sekitar 40 menit sebelum kereta berangkat.. dan jika anda malas yang namanya antri, anda tidak perlu khawatir, loket penukaran tiket dan loket pembelian tiket , di letakkan secara terpisah ko.. dan biasanya loket penukaran itu lebih sepi..  bagaimana ?? lebih enak beli tiket secara online, bebas calo dan penipuan tiket… tinggal duduk manis..

 

Namun, ada hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli tiket kereta api secara online..

 

melakukan 10 step praktis cara beli tiket kereta api menggunakan Android tadi. Dan Syaratnya adalah:

1. anda harus punya smartphone atau tablet android, dan jika anda tidak punya, bisa pinjem sama temanmu. Tapi hati hati, jangan sampai akun loginmu ketinggalan..

2. smartphone android kamu harus terkoneksi dengan internet..

3. anda harus mempunyai data pengenal, seperti ktp, sim, paspor, dan kartu identitas lainya..

4. anda harus punya akun email, bisa gmail, yahoo, dll.. dan ingat, gunakan email utama yang selalu anda gunakan ..

5. pemesanan tiket kereta secara online maksimal 7 jam sebelum kereta berangkat..

6. Anda harus bisa menggunakan salah satu pembayaran yang sudah di sediakan aplikasi paditrain.. pembayaran yang didukung paditrain untuk saat ini adalah : ATM mitraPay, ATM FinPay, ATM bersama, kartu kredit, mandiri klikpay, mandiri e-cash, bca klikpay, cimb clicks, tcash, xl tunai, dan mynt money..

7. jika website resmi PT KAI sedang offline,down. Maka anda tidak akan bisa melakukan pemesanan tiket kereta api secara online.

Nah, di atas adalah 7 syarat yang diperlukan sebelum anda membeli tiket kereta api secara online.. semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.. sekalian tambah ilmu..

Anda tertarik ingin mendownload aplikasi padi train, silahkan download langsung melalui situs google play store, klik  disini

 

 

viarr

 




berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara beli online tiket kereta api"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus