cara mempercepat koneksi internet android

Cara mempercepat koneksi internet operator GSM

Pertumbuhan pengguna smartphone android Indonesia semakin tahun semakin meningkat, dari awal mulanya pengguna hanya membutuhkan handphone sebagai alat sms dan telephone, kini para pengguna mulai meminati dengan smartphone android yang bisa digunakan untuk chatting, internet, download dan browsing..

Rata rata pengguna smartphone di Indonesia menggunakan kartu operator gsm, dan sisanya menggunakan kartu operator CDMA,, kualitas dan luasnya jangkauan jaringan GSM di indonesia, membuat masyarakan lebih memilih menggunakan operator gsm seperti telkomsel, xl, indosat,…

Terkadang ketika kita sedang mengakses internet dengan operator GSM, kadang ada yang merasa internetnya terasa cepat, ada juga yang lambat.. salah satu penyebanya, di karenakan pengguna tidak mengatur smartphonenya agar bisa terkoneksi dengan layanan 3g..namun, kini ada layanan terbaru, yaitu 4G LTE. Walaupun kita tahu, di Negara maju, sudah banyak menggunakan layanan 4g hingga 5g, yang membuat kecepatan internet mereka 10 kali lebih cepat dan stabil. pada tulisan kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana mempercepat koneksi internet pada smartphone android anda..

1. gunakan kartu operator yang mempunyai sinyal terbaik di lokasi anda.

Hal terpenting yang harus anda perhatikan agar koneksi internet anda cepat adalah pemilihan kartu operator yang tepat dan sesuai dengan lokasi anda..  disarankan anda berinternet dilokasi yang sudah tercoverage dengan layanan 3G.. selain itu, pilihlah kartu operator internet yang memberikan kuota lebih murah dan besar dibandingkan operator lainya.

2.lakukan pengaturan pada samrtphone adna agar terkoneksi ke layanan 3G atau 4G( kalau ada ).

Rata rata, smartphone android gsm, mempunyai 3 pilihan mode,  dengan memilih mode 3G( wcdma ), maka internet anda akan tetap lancar dan stabil… di bawah adalah beberapa mode yang bisa anda pilih :

a. GSM/WCDMA : pada mode ini, smartphone akan mengakses jaringan di dua mode, jika jaringan WCDMA tidak tersedia, maka secara otomatis akan berpindah ke mode GSM

b. GSM : mode ini merupakan mode dengan akses internet paling lambat.. akses internet lambat ini biasanya ada di pelosok pelosok desa tertinggal.

c. WCDMA : mode ini merupakan mode yang paling cepat,  jika area anda memungkinkan untuk type koneksi internet 3G, saya sarankan anda memilih mode ini.


d. 4G LTE : mode ini merupakan konektifitas yang paling cepat untuk saat ini. namun, tidak semua smartphone memiliki mode 4G.. hanya berlaku untuk smartphone terbaru..

Saya sarankan anda memilih mode paling cepat yang sesuai dengan lokasi anda, seperti mode 3G/WCDMA , atau 4G jika ada..

3. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi

Ketika anda anda mengakses internet, ada baiknya jika anda mematikan aplikasi aplikasi yang berjalan di bawah system, seperti update game, playstore, dan social social media, seperti whatsapp, BBM, facebook, Dll… jika anda tidak menutup aplikasi aplikasi ini, maka akan membuat ram menjadi penuh, dan smartphone android anda akan tersa berat dan lambat, dan hal ini juga mempengaruhi kecepatan aplikasi web browser dalam membuka halaman web.

 

4. jangan membagikan koneksi internet anda ( matikan wifi hotspot ).

Terkadang anda lupa mematikan fitur wifi hotspot, jika anda menghidupkan fitur ini, maka orang orang di sekitar anda dapat ikut mengakses website dengan koneksi internet anda… dan tentu saja hal ini akan memperlambat koneksi internet anda.

5. hapus riwayat, cookie dan cache browser android anda..

Dengan menghapus riwayat, cookie dan cache, maka browser akan bergerak lebih cepat dan ringan.. jika anda membiarkan cache dan riwayat yang terus menumpuk tanpa perduli untuk menghapusnya, maka anda akan mengakibatkan browser yang berjalan lambat dan berat..

 

6. pilihkan browser android paling cepat dan ramah.

Secara default, smartphone android sudah menyediakan browser bawaanya, yaitu chrome.. namun, bagi anda yang masih ingin merasakan kecepatan akses web page yang lebih cepat, saya menyarankan anda menggunakan aplikasi UC browser untuk mengakses internet.

Download aplikasi UC browser android.

Selain uc browser, saya juga merekomendasikan opera mini, aplikasi opera mini sudah terbukti sangat cepat dan digunakan oleh banyak orang, dari dahulu hingga sekarang, silahkan anda klik disini.

Download aplikasi web browser opera mini android..

 

Sekian, tentang trik mempercepat koneksi internet di android, jangan lupa like dan share kamu yahhh…

Editor : nurul hasan, twitter : @nurulhasan565

 

 




berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara mempercepat koneksi internet android"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus