cara membuat kalendar dengan microsoft publisher

Cara membuat calendar dengan Microsoft office publisher

cara membuat calendar
cara membuat kalenda

www.tokopuas.com – Microsoft office merupakan software buatan perusahaan Microsoft yang mempunyai banyak fungsi.. contohnya, Microsoft office word, yang berfungsi untuk mengolah kata, Microsoft office excel untuk spreadsheet, powerpoint untuk presentasi, dan masih banyak lagi. Di salah satu paket Microsoft office, ada yang bernama microsoft office publisher. Seperti namanya, publisher yang berarti di khususkan untuk para publisher.



Salah satu fitur yang di miliki microsoft office publisher adalah adanya fitur yang membuat penggunanya bisa mendesain sebuah calendar dengan mudah dan cepat. tak perlu harus mengerti desain photoshop atau corel draw, dengan microsoft office publisher, bahkan orang awam pun bisa denga mudah membuat calendar. Pada tulisan kali ini, kita akan belajar membuat calendar sederhana.
a. langkah pertama, silahkan anda buka aplikasi microsoft office publisher, aplikasi ini terdapat pada foder microsoft office., langkahnya, start menu -> microsoft office -> microsoft office publisher.
Setelah aplikasi anda buka, silahkan anda lihat pada tab sebelah kiri, silahkan anda pilih calendar, selanjutnya silahkan anda pilih template calendar yang anda inginkan. Pada menu bagian kanan, silahkan anda tentukan sendiri calendar yang ingin anda buat, anda dapat memilih calendar akan menampilkan satu halaman untuk setiap bulan ( one month per page ) , atau satu halaman berisi satu tahun penuh ( one year per page ). Setelah template dan type calendar telah anda pilih, silahkan klik tombol create. Silahkan lihat tampila pengaturanya pada gambar di bawah ini :
cara mendesain kalendar dengan mudah
cara membuat tampilan kalendar

Langkah selanjutnya, anda akan bertemu dengan halaman yang akan membantu anda mengatur tampilan calendar yang ingin di tampilkan.  Pada bagian kiri, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan untuk merubah warna, ukuran, font atau hurul, dll. Dan pada bagian kanan, adalah tampilan akhir calendar yang akan anda buat. Okey, langkah pertama, kita akan mencoba merubah tampilan warna calendar, silahkan anda klik Color Schemes, dan silahkan anda memilih salah satu kombinasi warna yang ingin anda jadikan untuk warna calendar anda.
desain kalendar dengan mudah dan cepat
cara mendesain kalendar dengan mudah dan cepat

Setelah warna calendar anda telah anda setting, kini selanjutnya anda mengatur font atau huruf agar menjadi lebih cantik. Caranya, silahkan anda klik font schemes, selanjutnya, silahkan anda pilih huruf yang menurut anda bagus untuk di gunakan. Silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini.
mengatur teks di kalender
mengatur tampilan kalendar dengan mudah

Selanjutnya, silahkan anda memperhatikan pada bagian atas ( header calendar ). Di bagian ini anda bisa melihat ada 3 gambar, gambar ini bisa anda ganti dengan foto lain, anda dapat menggantinya dengan foto anda, foto keluarga, pacar, anak atau istri anda. cara menggantinya, silahkan anda klik gambar ini, maka akan muncul panel seperti gambar di bawah ini, selanjutnya, dengan panel ini, anda dapat mengatur gambar lebih lanjut, ada fitur cropping, pencerahan, contrast dan lain lain.
membuat kalendar sesuai keinginan
cara mendesain kalendar dengan cepat

Selanjutnya, jika anda ingin memindahkan gambar di calendar anda, silahkan anda klik dan tahan pada gambar, dan tarik atau pindahkan gambar ke posisi yang anda inginkan, atau anda juga menggunakan tombol warna hijau yang ada di atas gambar, dan lakukan pergerakan pada mouse untuk mengatur posisi orientasi pada gambar.
mencetak kalendar ke printer
cara mencetak desain kalendar

Setelah pengaturan calendar telah sesuai dengan keinginan anda, selanjutnya, silahkan anda klik file – save as. Silahkan anda tentukan lokasi di mana gambar akan anda simpan.
menyimpan desain kalendar
menyimpan desain kalendar denga mudah dan cepat

Langkah terakhir, yaitu pencetakan, cara mencetak calendar ini sangatlah mudah, anda cukup menyiapkan printer, dan langsung cetak. Praktis dan hemat kan, anda bisa memiliki sebuah calendar tanpa harus membeli. Namun, anda perlu tahu, jika calendar yang di buat ini masih memiliki banyak kekurangan, seperti menampilkan calendar hijriyah, hari hari jawa seperti pon , wage , kliwon, dll.. dan masih banyak kekuranganya..
Semoga tutorial ini bermanfaat dan berguna untuk anda. jangan lupa like dan share yah..

Sumber gambar header Shutterstock.




















berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara membuat kalendar dengan microsoft publisher"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus