cara menyimpan data ke kaset DVD

Cara memburning dvd dengan aplikasi nero

www.tokopuas.com - Menyimpan file penting kedalam dvd sangatlah wajib anda lakukan, mengingat file yang di simpan di dalam dvd mempunyai sifat permanent.. dan tidak bisa di rubah ( berlaku untuk dvd biasa ).. berbeda jika anda menyimpan data di flashdisk.. jika flashdisk anda sudah terinfeksi virus, maka file file yang di dalam flashdisk tersebut ada kemungkinan juga ikut terkena infeksi… sampai sekarang media penyimpanan di dalam DVD masih banyak di gunakan untuk menyimpan data penting, seperti skripsi,  software, dan masih banyak lagi..
di tulisan hari ini, kita akan belajar bagaimana membakar  DVD.. istilah membakar DVD bukanlah kita membakar keping DVD dengan api, tapi ini adalah proses memasukkan data ke kepingan DVD dengan media laser.. jika kita ingin membakar dvd, maka kita membutuhkan software yang sudah terkenal handal dan tidak terjadi crash ketika pembakaran.. di tutorial ini, saya menggunakan aplikasi nero 8..
nero merupakan aplikasi burning yang sudah lama dan cukup handal.. okey.. sebelum kita mulai pembakaran, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuka aplikasi nero ini.. silahkan klik  start -> nero express essentials. Lihat gambar di bawah ini :
cara membakar dvd dengan burner nero
cara membakar dvd dengan burner nero
Langkah selanjutnya.. anda harus memilih media apa yang akan anda gunakan untuk pembakaran. Apakah anda akan membakar di cd atau dvd.
Catatan:  jangan sampai salah dalam memilih ya.  Karena jika anda salah memilih dalam mode ini, maka di pastikan proses burning 100% akan gagal.. okey, karena judul tulisan hari ini adalah cara membakar dvd dengan komputer, maka saya akan memilih data DVD. 



cara burning data ke dvd
cara burning data ke dvd


Selanjutnya , anda akan di arahkan pada halaman seperti di bawah ini,  silahkan anda klik  add ”.


aplikasi nero untuk memburning dvd
aplikasi nero untuk memburning dvd



Setelah anda mengklik tombol add, anda harus memilih file yang ingin anda simpan kedalam dvd. Anda dapat memilih berbagai macam format file gambar, video, software, ataupun format format lain.. semua format file bisa anda burning kedalam DVD.. gambar di bawah ini adalah beberapa file yang telah saya pilih..




Setelah anda selesai memilih beberapa file, anda dapat mengklik tombol next, untuk melanjutkan ke proses burning data ke dvd.. lihat gambar di bawah ini..




Selanjutnya, anda dapat menambahkan nama pada dvd yang akan anda burning nanti. Nama ini akan muncul ketika anda ingin membaca isi dari dvd yang sudah anda burning.. nama ini sangat berguna..  selain itu adajuga tambahan fitur “ verify data on disc after burning “ dan “ allow files to be add later ( multisession )..
Untuk melaakukan pembakaran , silahkan anda klik tombol  “ burn “.
 penjelasan tentang kedua fitur ini, dapat and abaca dengan melihar keterangan di bawah ini : 

Catatan :
verify data on disc after burning  : dvd yang telah selesai anda burning, akan di periksa secara otomatis oleh aplikasi nero, jika dvd lolos pemeriksaan ini, berarti proses pengisian data ke dvd berhasil 100% dan file bisa di baca.
allow files to be add later ( multisession ) : fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan burning atau pengisian data ke space dvd yang masih kosong.. contohnya,, jika anda telah memburning  data sebesar 2 giga ke dvd, maka dvd akan mempunyai sisa sebesar 2,4 giga, ( 1 DVD = 4,5 giga) sisa atau space ini bisa anda gunakan untuk menyimpan data lagi  di kemudian hari, dengan cara ini, dvd bisa di burning hingga berkali kali…



proses pegetikan data ke dalam keping DVD
proses pegetikan data ke dalam keping DVD
Lihatlah pada gambar di atas, silahkan tunggu sampai proses di atas selesai.. dan setelah proses ini berjalan dengan lancar dan clear.  Ini menandakan proses burning  telah sukses.. semoga sukses…
Anda masih bingung,  saya juga sudah membuat tutorialnya dalam bentuk video, anda bisa melihatnya di bawah ini :







berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara menyimpan data ke kaset DVD"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus