cara mengakses file komputer dengan hp android

Cara mengakses file komputer dengan hp android

cara mengakses file komputer dengan hp android
cara mengakses file komputer dengan hp android

www.tokopuas.com – mengakses file komputer melalui komputer lainya memang sudah biasa dan banyak di lakukan oleh orang kebanyakan, namun bagaimana caranya mengakses file komputer dengan handphone android,? - jawabanya yaitu bisa, . cara ini akan memudahkan anda memindahkan file dari android ke komputer, atau sebaliknya. Dan anda juga dapat membuka file yang ada di dalam komputer tersebut dengan android anda, dengan catatan, handhpone anda mampu membaca formatnya.
Sebelum mengakses file yang ada di komputer, pastikan komputer dan android anda anda telah terkoneksi ke jaringan. Jaringan yang dimaksud adalah jaringan WLAN yang sama dari sebuah router.
Catatan : trik ini belum bisa membuat handphone dapat mengakses file komputer melalui internet.
Untuk memulai mengakses file komputer, silahkan baca instruksinya di bawah ini :

1. aktifkan berbagi folder sharing di windows.

akses file komputer dengan hp android
memulai folder sharing komputer

Agar file yang berada didalam komputer dapat diakses melalui handphone, maka pengguna harus mengatur file tersebut ke pengaturan “everyone”.
Untuk mengaturnya, silahkan pilih folder yang ingin anda bagikan, silahkan anda klik kanan pada folder tersebut, pilih menu share with -> specific people.

2. lakukan pengaturan hak akses folder.

cara mengatur hak akses folder di komputer
hak akses untuk setiap folder

Langkah selanjutnya, anda akan bertemu dengan pengaturan file sharing, silahkan anda tambahkan pengaturan “everyone”. Caranya mudah, silahkan anda klik tanda panah yang mengarah ke bawah di samping tombol add. Dan pilih everyone, selanjutnya anda harus mengatur permission level ke read/write. Selanjutnya klik tombol share, dan akan muncul sebuah konfirmasi, selanjutnya, klik OK.

3. lakukanpengaturan pada jaringan.

pengaturan jaringan di komputer
file sharing di komputer ke hp android dengan mudah

Langkah selanjutnya, anda harus melakukan pengaturan jaringan, caranya klik start -> control panel -> network and sharing center. Atau anda juga dapat menekan tombol windows + R, dan anda akan bertemu aplikasi run, silahkan anda ketikkan kata “ control “ tanpa tanda kutip. Dan pilih view network status and task -> change advanced sharing settings.

4. matikan proteksi jaringan.

cara mematikan proteksi jaringan
mematikan proteksi jaringan di komputer

Agar tidak terjadi error saat mengakses file komputer, ada baiknya anda mematikan fungsi proteksi yang berupa password folder pada folder yang telah anda atur ke hak akses “everyone”. Caranya, silahkan anda masuk ke all network -> password protected sharing. Selanjutnya, klik save changes untuk memulai melakukan penyimpanan.

Setelah pengaturan komputer sudah sukses di lakukan, kini saatnya kita mulai mengakses file komputer tersebut dengan handphone.
Langkah selanjutnya, silahkan anda download aplikasi android dengan nama “ES file Explorer”, aplikasi ini dibuat oleh ES app group. Silahkan download aplikasi file esplore ini melalui situs resmi playstore, silahkan klik link di sini :

2. memulai mengaktifkan jaringan.

aplikasi android mengakses file komputer
aplikasi ES file explorer android

Setelah aplikasi ES file esplorer berhasil di install, selanjutnya, silahkan anda buka aplikasi tersebut, silahkan klik ikon yang beradadi pojok kiri atas, dan pilih network -> LAN. Lihat gambar di atas.

3. memulai mendeteksi jaringan

mendeteksi komputer melalui hp android
melakukan scanning file komputer

Selanjutnya, silahkan anda lakukan scanner, setelah proses scanning selesai, maka akan menampilkan alamat IP dari komputer. Silahkan anda klik 2 kali pada ip tersebut, dan secara otomatis anda akan masuk kedalam folder yang telah anda atur di tutorial di atas.

4. cara menjalankan file.

menjalankan salah satu file di hardisk komputer
membuka file komputer denga HP android

Untuk menjalankan file komputer dengan hp androidmu, maka, di handphone kamu harus terinstall aplikasi yang telah mendukung format file tersebut, seperti untuk membuka file video, maka handphone kamu harus ada aplikasi video player, begitu juga untuk file file lainya.
Anda juga dapat mengulangi langkah langkah di atas untuk menambahkan folder komputer yang ingin anda bagikan, semoga tutorial ini bermanfaat buat anda, jangan lupa sharing dan berbagi ke facebook..
























berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara mengakses file komputer dengan hp android"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus