cara mengembalikan dari dual OS ke single windows

Cara mengembalikan dari dua OS ke single OS windows

cara mengembalikan komputer ke single OS
cara mengembalikan system dari dual OS ke single os windows


www.tokopuas.com – perkembangan OS windows membuat para pecinta komputer ingin mencicipa kecanggihanya, salah caranya dengan menginstall duo operating system sekaligus pada sebuah komputer.
Baca juga : cara install dua OS windows di dalam satu komputer.
Namun, jika anda merasa ada dua operating system di komputer anda akan membuat komputer anda menjadi berat dan menghabiskan space, maka anda dapat menghapus salah satu OS ini dan menjadi single OS pada satu komputer. Dan cara menghapus salas satu OS komputer sangatlah mudah, silahkan anda baca tutorial di bawah ini :

1. silahkan anda restart komputer anda, dan anda akan masuk ke pilihan operating system yang akan anda jalankan, dan pilih “change defaults or choose other options”. Selanjutnya, anda akan bertemu dengan tiga pilihan, silahkan klik “ choose default operating system”. Dan silahkan OS yang ingin anda pertahankan dan anda jadikan sebagai Operating system utama dikomputer anda, disini, penulis akan memilih windows 7, dan akan menghapus OS lainya. Untuk langkah langkahnya, silahkan anda lihat pada gambar di bawah ini :
memilih OS windows yang akan di jalankan
mengatur system operasi saat startup

Setelah langkah di atas telah anda lakukan, silahkan anda nyalakan komputer anda dengan menjalankan OS windows 7, setelah komputer windows 7 aktif, silahkan tekan tombol keyboard logo windows + tombol R ( windows + R ). Dan akan muncul aplikasi run, silahkan anda ketikkan msconfig.exe . selanjutnya, silahkan anda klik pada tab boot. Selanjutnya, pilih OS windows yang ingin di hapus, penulis akan mencoba menghapus windows technical preview. Setelah os di pilih, silahkan tekan delete.
Langkah selanjutnya, klik tombol apply, dan lakukan restart komputer anda. untuk langkah langkahnya, silahkan anda lihat pada gambar di bawah ini.
menghapus os windows dari partisi hardisk
menghapus salah satu os windows komputer

Setelah komputer melakukan restart, maka komputer sudah berhasil berjalan pada single operating system. namun, ada hal penting yang harus anda perhatikan, yaitu file installer OS selain windows 7 yang tadi anda hapus, masih berda di dalam partisi hardisk. Anda harus menghapusnya agar tidak membuat sesak partisi hardisk anda. caranya tidak seperti mennghapus file pada hardisk, ada langkah langkah yang harus anda lakukan. caranya , silahkan anda tekah tombol ( windows + R ), dan ketikkan kata kunci diskmgmt.msc . selanjutnya, silahkan anda pilih partisi tempat installer windows yang ingin di hapus. Setelah di pilih, lakukakn klik kanan, dan klik “delete volume”. Selanjutnya, klik tombol “yes” untuk menghapusnya.
cara menggabungkan local drive hardisk
menyatukan partisi local drive komputer

Selanjutnya, kita akan menyatukan partisi hardisk yang isinya telah anda hapus tadi ke partisi drive D, cara ini juga akan memperbesar kapasitas local drive C.

caranya, silahkan anda pilih local drive : C, klik kanan pada local drive tersebut, dan pilih “extend volume”. Selanjutnya klik “next” dan pilih local drive yang telah anda delete volumeya tadi. Selanjutnya, klik “next” Dan terakhir klik “finish” . langkah ini akan menyatukan local drive tadi dan membuat local drive : C menjadi lebih besar.
Dan langkah terakhir, silahkan anda melakukan restart pada komputer anda, dan system komputer anda akan kembali ke seperti semula. Silahkan ikuti instruksi dan langkah langkah di yang di gambarkan pada gambar di bawah ini :
cara menggabungkan local drive hardisk partisi
menyatukan memory hardisk

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa like dan sharing blog ini ke facebookmu yah…















berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "cara mengembalikan dari dual OS ke single windows"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus