cara menginstall dual OS di komputer

Cara menginstall dua windows di satu komputer

cara menginstall dua windows di komputer
cara menginstall dual windows di komputer
www.tokopuas.com – untuk saat ini, system operasi komputer paling popular dan paling banyak digunakan masih di pegang oleh windows. Alasan lain pengguna lebih memilih os windows dikeranakan mudah digunakan dan banyak sekali aplikasi aplikasi yang mendukung os yang satu ini, pesaing terberat windows adalah Os macintosh milik perusahaan apple corp. namun OS ini hanya ada di komputer dengan logo apple, karena harga laptop apple yang tidak sembarangan orang mampu membelinya, membuat pengguna Os macintosh hanya di gunakan kalangan menengah atas saja..
di tulisan kali ini, penulis akan mengajarkan untuk menginstall 2 OS pada sebuah komputer atau laptop, anda dapat menyandingkan OS windows anda dengan OS terbaru atau lawas, dan bisa juga menyandingkanya dengan OS linux.

baca juga : cara mengembalikan system dari dual OS windows ke single OS windows.


Untuk latihan kali ini, komputer sudah terinstall windows 7, dan penulis akan mencoba menginstall OS windows 10 technical preview.. cara ini cocok bagi anda yang ingin menikmati OS terbaru tanpa perlu khawatir OS windows yang lama akan terhapus. Metode yang akan digunakan untuk menjalankan dual OS adalah metode dual boot, dan untuk menjalankan os ini, anda harus bergantian , tidak bisa dikerjakan secara bersama sama. Silahkan baca di bawah ini untuk langkah langkahnya..

1. memulai membuat sebuah partisi baru.

cara menjalankan 2 windows di komputer
membuat partisi di komputer

Untuk membuat partisi baru pada komputer,partisi ini berfungsi untuk memisahkan windows 7 anda dengan OS baru yang akan di install nantinya, jika partisi tidak dibuat, maka windows lama akan terhapus. Cara membuat partisi silahkan anda tekan tombol logo window di keyboard + R ( tombol windows + R ). Dan akan muncul sebuah aplikasi run, silahkan anda ketikkan diskmgmt.msc , dan tekan enter. Silahkan anda lihat pada gambar di atas.

baca juga : cara menginstall windows melalui flashdisk.

2. pisahkan partisi yang akan digunakan.

cara membuat partisi di komputer
membuat partisi baru dari hardisk

Anda dapat membuat partisi pada local drive C atau D, dengan syarat kapasitas memory yang akan anda gunakan sebagai partisi bisa mencukupi. Silahkan anda klik kanan di local drive C, dan pilih shrink Volume. Perhatikan gambar di atas.

3. atur kapasitas partisi yang akan digunakan.

cara membuat partisi hardisk di komputer
mengatur ukuran partisi yang akan di gunakan

Untuk menginstall windows 7 keatas, maka dibutuhkan sebuah memory space kosong minimal 20 GB, dan partisi yang akan dibuat ini harus kita atur dengan ukuran 2GB ( 20000 MB). Silahkan anda lihat kotak warna merah di atas, anda akan melihat kolom bertuliskan “enter the amount op space to shrink in MB” , dan silahkan anda masukkan angka 20000 .. selanjutnya klik tombol “shrink”, dan tunggu proses hingga selesai.


4. siapkan OS yang ingin anda install.

Silahkan anda siapkan OS yang ingin anda install, bisa linux, windows 8, atau windows 10, disini penulis akan mencoba windows 10 technical preview sebagai bahan percobaan. os ini dapat anda burning ke DVD atau anda masukkan flassdik, dengan metedo windows flashdisk booting.

baca juga : cara membuat flashdisk booting install ulang windows 10.

5. lakukan booting install ulang.

cara menginstall windows 10 di komputer
memulai menginstall windows 10

Setelah partisi sukses dibuat, silahkan anda masukkan cd windows 10. Dan lakukan restart komputer anda. . saat ada tampilan awal komputer yang masih hitam, silahkan anda klik f2, delete, atau f8 di komputer anda, dan lakukan pengaturan bios agar dimulai dari dvd.. setelah selasai, silahkan anda simpan, dan komputer akan melakukan restart. dan lakukan proses layaknya anda melakukan install ulang. Lihat tampilan pada gambar di atas.

6. lakukan pengaturan pada custom install.

cara menginstall windows 10 di partisi
memilih custom install saat install ulang OS

Saat mulai melakukan proses install ulang, anda pasti akan berteme tampilan di atas, silahkan anda plih custom : install windows only ( advanced ).

7. pilih partisi yang telah dibuat tadi untuk menginstall windows.

memilih partisi windows 10
partisi yang akan digunakan 

Langkah selanjutnya, silahkan anda pilih partisi yang telah di buat tadi untuk windows 10. Setelah partisi di pilih, silahkan klik apply dan next untuk melanjutkan proses, tinggu hingga proses berjalan ini sukses, dan jangan sampai listrik anda mati atau padam.

8. tampilan awal saat menghidupkan komputer.

memilih OS windows yang akan di install
cara memilih operating system yang akan di jalankan

Setelah selesai melakukan penginstalan, komputer akan langsung melakukan reboot atau restart. dan setiap anda menyalakan menghidupkan komputermu, maka akan ada pilihan yang mengharuskan anda memilih apakah windows 7 atau window 10 yang akan di jalankan. Simple dan mudah bukan… silahkan lihat pada gambar di atas… dan jika anda ingin menjadikan windows 7 atau windows 8 sebagai default OS, anda dapat melakukan pengaturan di “ change defaults or choose other options .”.

baca juga : cara mengembalikan dua operating system ke singles OS windows.



























berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

2 Responses to "cara menginstall dual OS di komputer"

  1. ternyata bisa juga ya... win 7 dan win 10 jadi dual os.
    Suatu saat akan saya coba, hanya saja saya belum punya master win 10.
    Terima kasih tutorialnya

    BalasHapus
  2. gan, ni gua os windows 7 dan sekarang mw nambah kali linux gan, gimana caranya?

    BalasHapus

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus