tutorial menggunakan camstudio dengan mudah

cara menggunakan camstudio untuk merekam gambar

www.tokopuas.com – anda suka membuat tutorial komputer, trik komputer dalam bentuk video, atau anda ingin membuat presentasi tentang cara penggunaan komputer, maka anda membutuhkan software yang dapat merekam aktifitas layar komputer anda atau software desktop recording. Salah satu software perekam layar yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah “camstudio”. Camstudio merupakan software perekam aktifitas layar komputer yang mempunyai ukuran kecil dan gratis. Jadi , anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan aplikasi camstudio. Selain camstudio, ada juga perekam aktifitas layar lainya, namun, menurut pengalaman pribadi penulis, camstudio lebih baik dan simple.. video yang di hasilkan dari aplikasi camstudio juga cukup bagus dan memuaskan untuk di tonton.

Untuk memulai tutorial cara menggunakan aplikasi camstudio, silahkan anda download aplikasi ini, ukuranya sangat kecil , hanya 2,7 mega bytes. Silahkan anda download aplikasi camstudio dengan mengklik link di bawah ini :
http://camstudio.org

setelah aplikasi screen recorder camstudio berhasil anda download dan anda install, silahkan and buka aplikasi camstudio, dan anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini :
aplikasi scrren recorder terbaik camstudio
trik merekam layar komputer dengan aplikasi camstudio

Ada 3 fungsi tombol yang dapat anda gunakan untuk merekam gambar, tombol merah bulat digunakan untuk memulai merekam aktifitas layar komputer, di sampingnya ada tombol garis berdiri, ini adalah tombol pause, dan tombol kotak hijau adalah tombol stop.. saat anda menekan tombol stop ini, secara otomatis aplikasi akan langsung menyimpan video hasil recording. Hasil video yang telah direkam akan di simpan dalam dua format, yaitu berformat .avi , dan berformat .wmv .
Saat anda mulai merekam aktifitas layar, anda juga dapat mengatur agar aplikasi camstudio dapat meminimze di system tray secara otomatis, namun anda juga dapat mengaturnya agar terminimize secara manual… untuk membuat system tray terminimize secara otomatis, anda dapat melakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini.. klik menu options -> program options -> minimize program on start recording.
pengaturan meminimize camstudio
pengaturan minimize otomatis di camstudio

Selain itu, ada juga fitur fitur shortcut tombol keyboard yang bisa anda gunakan. Shortcut ini berfungsi untuk mempause, stop, tanpa harus mengklik tombol yang ada di program.. cukup tekan tombol yang ada di keyboard. Untuk mengatur shortcut key camstudio, silahkan anda masuk ke dalam menu options -> program options -> keyboard shortcut. Dan anda akan menemukan tampilan seperti dibawah ini :

shortcut di aplikasi camstudio
pengaturan shortcut camstudio dengan cepat

Dan anda akan menemukan pengaturan seperti gambar di bawah ini :
pengaturan shortcut camstudio
shortcut pengaturan aplikasi camstudio

Selain mengatur shortcut , hal penting yang harus anda lakukan adalah mengatur ukuran video agar hasil yang di dapat tidak terlalu besar.. saat penulis mencoba melakukan perekaman dengan penngaturan default camstudio, ukuran video yang di hasilkan sangatlah besar, untuk merekam layar selama 10 menit, menghasilkan video berukuran 2 GB.. sungguh ukuran yang terlalu besar.. namun , anda dapat mengaturnya agar ukuran video tersebut tidak terlalu besar, dan kualitas gambar tetap layak untuk dilihat.. caranya, silahkan anda klik menu options -> video options. Silahkan anda lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini :
pengaturan camstudio agar video tidak terlalu besar
mengatur camstudio agar file video tidak terlalu besar

Cara di atas merupakan cara yang penulis miliki.. selain itu, anda juga dapat mengatur watermark, dan masih ada fitur camstudio yang bisa anda gunakan.. selain itu.. video yang telah anda buat dengan aplikasi camstudio, dapat anda edit dengan editor video , seperti adobe premiere , windows movie maker, sony vegas, dan video editor lainya..
Terima kasih telah berkunjung, semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda… jangan lupa like dan share kamu ke facebook…


















berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

1 Response to "tutorial menggunakan camstudio dengan mudah"

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus