perbedaan hardisk dan SSD dan flashdisk

Perbedaan dan penjelasan hardisk , SSD dan flashdisk

www.tokopuas.com – dewasa ini, ketika anda ingin menyimpan file yang telah anda buat atau dapat, anda pasti memerlukan sebuah perangkat keras hardware khusus, biasanya untuk ukuran file kecil anda biasa menggunakan flashdisk, namun, jika file yang di ingin di simpan berukuran besar, anda biasanya menggunakan hardisk. Dan kita sudah kehadiran teknologi dalam penyimpanan data yaitu SSD atau kepanjangan dari solit state drive ( SSD ).
Namun, apakah anda tahu perbedaan, penjelasan , kelebihan dan kekurangan dari 3 hardware tersebut yaiut flashdisk, harddisk, dan SSD. Di bawah ini akan saya jelaskan satu persatu dari ketiga hardware tersebut.
1. Hardisk.
penjelasan tentang hardisk komputer
Harddisk merupakan media penyimpanan yang menggunakan komponen bergerak, jika anda pernah membuka hardisk, didalamnya anda akan bertemu dengan piringan disk yang berputar, dan head magnetik yang berada di atasnya.. jika head magnetik mengenai piringan disk, maka akan berakibat data yang di simpan di dalmanya rusak, hal ini sering terjadi akibat aliran listrik mati saat proses pengisian data, benturan yang keras, dan juga kesalahan produksi. Selain itu, jauhkan juga magnet dari hardisk, karena magnet berpotensi untuk merusak perangkat elektronik di dalamnya. Untuk awetnya data yang di simpan di dalam hardisk, hardisk dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya, selama hardisk tersebut di rawat dengan baik.
2. SSD.
Ssd merupakan perangkat penyimpanan data terbaru yang sekarang ini tengah populer di.
 
kelebiahan dan kekurangan SSD laptop
Banyak sekali kelebihan yand di miliki SSD di bandingkan hardisk, salah satu kehebatan SSD adalah dapat memproses read dan write data super cepat, lebih cepat dari pada hardisk, selain itu, perangkat ini lebih tahan terhadap guncangan, hal ini di karenakan SSD tidak mengandalkan komponen bergerak untuk memproses data. Namun , SSD punya kelemahan, yaitu, ssd mempunyai batasan siklus penyimpanan read write data . artinya, pengguna mempunyai ribuan point , dan setiap point bisa digunakan untuk proses read write, kita umpamakan setiap proses menyimpan dan mengnhapus data adalah sebuah point, point-point ini tidak akan bisa dihabiskan dalam satu tahun, bisa puluhan tahun, ini berarti, semakin sering di gunakan maka point ini akan habis, dan jika sudah habis, SSD akan berubah menjadi read ( menyimpan data secara tetap seperti DVD-R dan pengguna tidak bisa merubahnya, hanya melihatnya) dan data yang telah tersimpan tidak akan hilang. Selain itu, ssd punya kelemahan lain, yaitu jika saat proses penyimpanan data terjadi listrik mati, maka akan berakibat file yang di simpan menjadi corrupt.
3. Flash disk.
 
pengertian flashdisk dan penjelasanya
Flashdisk merupakan media perangkat penyimpanan yang paling murah di bandingkan dengan hardisk dan ssd, bentuk flashdisk yang kecil, mudah di bawa menjadi favorite banyak orang. Sebenarnya, tujuan flashdisk bukanlah media untuk menyimpan data dalam kurun waktu yang lama, mengingat rata rata flashdisk yang di jual di pasaran hanya memiliki 3000 hingga 5000 siklus, mirip dengan SSD yang telah saya tuliskan di atas.
Menurut pengalaman, selama flashdisk tidak sering terjatuh, tenggelam di air, maka flashdisk bisa awet hingga 2- 3 tahu, selain itu, flashdisk akan semakin melemah seiring dengan banyaknya digunakan untuk proses read write data.. intinya, tak ada yang abadi didunia ini...
Sumber referensi : Make Us Of

















berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

0 Response to "perbedaan hardisk dan SSD dan flashdisk"

Poskan Komentar

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus