tutorial tembak wifi via airOS ubnt ubiquity

tutorial menembak wifi dengan ubnt ubiquity network

www.tokopuas.com – setelah kemarin saya menulis pengalaman saya menggunakan wifi 2,4 dan 5,8 ghz, menggunakan alat powerbeam m2 – pbe 400 dan powerbeam m5 pbe 400, akhirnya di kesempatan ini, saya ingin menulis tutorial cara menembak wifi menggunakan software airOS yang telah terinstall di dalam radio AP..  di tulisan ini saya menggunakan radio AP powerbeam m2..
baca juga : .

untuk memulai tutorial ini, silahkan anda sambungkan kabel lan, dari laptop ke ko poe adaptor ubiquity… dan ikuti langkah – langkah di bawah ini :
buka control panel, dan klik “ network and sharing center “.
trik menembak wifi hotspot
langkah selanjutnya, silahkan klik “ change Adapter Settings “,,
tutorial menembak wifi hotspot via powerbeam
kilk dua kali pada bagian “ ethernet “, tampilanya seperti gambar di bawah ini :
trik tembak wifi hotspot dengan radio ubnt
setelah anda melakukan double klik, maka akan muncul window “ Ethernet Status “ ,… dan klik “ Properties “…
cara tembak internet super hotspot
di dalam popup “ ethernet properties “, silahkan anda klik “ internet protocol version 4 ( TCP/IPv4 ) “
trik tembak internet wifi hotspot

didalam popup internet protocol preperties, silahkan masukkan ip address dan subnet mask, seperti gambar di bawah ini, catatan penting, ip adress ini saya gunakan karena saya menggunakan produk UBNT,, jika ap wifi yang di gunakan TP-link, engenius, mikrotik, terkadang, pengaturanya sedikit berbeda….
dan klik ok , untuk menyimpan pengaturan..
cara menembak wifi hotspot dengan cepat
langkah selanjutnya, silahkan anda buka browser google chrome, dan masukkan alamat : https://192.168.1.20 , dan anda akan masuk ke halaman awal Air OS…. silahkan anda masukkan username dan password..  default password radio ap ubiquiy adalah
username : ubnt
password : ubnt
cara menembak wifi hotspot dengan ubiquity
langkah selanjutnya, di dalam halaman pengaturan, silahkan anda klik pada menu “ wirelesss  “….dan pilih ssid yang ingin di tembak… untuk mengscan ssid apa saya yang berhasil di tangkap antena wifi powerbeam m2 , silakan klik tombol “ select “.
cara tembak wifi dengan ubnt
di bawah ini adalah list wifi yang berhasi di scan… agar koneksi internet stabil… minimal signalss yang di dapat adalah – 60, dan semakin kecil maka semakin baik.. dan signalss yang saya dapatkan adalah –53 Dbm…  signals ini sudah cukup stabil… dan jarak wifi yang saya tembak adalah 2 km…. 
wifi yang saya pilih seperti gambar di bawah ini ,,  dan untuk menguncinya agar tidak terkena interferensi atau gangguna dari signall lain… saya akan klik “ Lock To AP “.
trik tembak anti referensi loct to ap
ssid dan mac adress yang berhasil di lock, tampilanya akan seperti gambar di bawah ini ,, silahkan anda klik Change.. untuk menyimpan perubahan….
trik cara menembak wifi dengan powerbeam
sebelum melangkah ke tutorial selanjutnya… saya akan menjelaskan dulu fungsi “ lock to ap “…..
coba perhatikan gambar di bawah ini, coba lihat pada bagian ssid.. ternyata ada 5 ssid yang sama…   ssid tersebut sebenarnya hanyalah hasil repeater atau pancaran ulang dari wifi yang di tembak …  kronologisnya begini… tetangga saya menembak wifi dengan ssid “ HOTSPOTGREEN “, dan dia melakukan setting antena wifinya sebagai repeater, maka secara otomatis, akan muncul cloning ssid “ HOTSPOTGREEN “ , , selanjutnya ada orang lain, yang juga juga sama – sama menembak “ HOTSPOTGREEN “, dan melakukan setting pengaturan antena menjadi repeater.. maka akan muncul lagi clonningnya..  dan semakin banyak client yang melakukan setting antena wifinya sebagai repeater.. maka ssid yang sama akan muncul.. hal ini akan sangat berdampak negatif dan mengakibatkan gangguan…..
dengan adannya fitur “ lock to ap “, yang di ada di software AirOs ubnt ubiquity, maka akan sangat bermanfaat untuk mencegah masalah interfererensi gangguan, yang di akibatkan oleh pantulan hasil repeater tersebut…. tanpa menggunakan fitur Lock To Ap , antena radio AP wifi akan terkoneksi dengan ssid hasil repeater yang tak beraturan .. dan berakibat koneksi wifi anda menjadi tidak stabil dan putus nyambung…..
trik cara menembak wifi hotspot dengan antena
pengalaman pribadi, saya pernah menggunakan Tp –link tl wa7210n dan tl wa5210g, ternyata kedua produk tplink tersebut tidak di lengkapi fitur LOck to ap, sehingga berakibat rawan terkena gangguan…, untuk itu, bagi anda yang ingin menembak wifi , saya sangat sarankan menggunakan produk ubnt ubiquity.. namun, untuk produk lain seperti mikrotik, engenius, DLL,, juga bisa menjadi pilihan.. saya pribadi belum pernah mencoba atau menggunakan produk lain selain tp-link dan ubiquity.. jadi saya tidak bisa banyak berkomentar tentang produk tersebut….

untuk videonya.. saya juga sudah buatkan…. silahkan lihat di bawah ini :


jangan lupa untuk like dan sharing jika tutorial saya ini bermanfaat untuk anda…..



berita teknologiReview: by nurul hasantrik android, komputer, trip tips terbaik seputar teknologi at tokopuas Inc rating 5.0 / 5 trik android | photoshop | game dan aplikasi | Tutorial | tips komputer | jual beli online

5 Responses to "tutorial tembak wifi via airOS ubnt ubiquity"

  1. gan kalau misalkan ane udah terkoneksi dengan wifi yg ane tembak, bisa ane share lagi ga menjadi wifi dengan router ane?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan.. sangat bisa....

      Hapus
    2. caranya gimana gan? mohon untuk tutorialnya dong

      Hapus
  2. Caranya gimana gan? Soalnya ane berminat dengan powerbeam m2 400 dari beberapa artikel yg ente baca hehe
    Kalau bisa sekalian bikin tutorialnya gan hehe. Terimakasih

    BalasHapus
  3. gan tinggi tiangnya kira2 brp meter ya untuk nembak wifi id ?

    BalasHapus

silahkan melakukan komentar yang baik dan santun, komentar yang mengandung unsur kekerasan dan syara akan langsung di hapus